Xamthone Plus

Xamthone Plus Murah

Rabu, 02 November 2011

MANFAAT LAIN CABE MERAH ( Capsicum annuum L.)



Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi bagi kita, biasa di jadikan bumbu masak dan sangat mudah di dapatkan.


namun tahukah anda, banyak sekali manfaat yang terdapat dalam kandungan buah dan daunnya.
cabe ini berasal dari amerika tropis, tersebar dari mexico sampai bagian utara amerika selatan. Di Indonesia umumnya cabe di budidayakan di daerah pantai dan pegunungan, dan kadang-kadang menjadi liar.
jenisnya termasuk perdu tegak tinggi bisa mencapai 1-2,5 m, umurnya bisa mencapai setahun / menahun.
batang berkayu, berbuku-buku, percabangan lebar, penampang persegi, batang muda berambut halus berwarna hijau. daun tunggal bertangkai. helaian daun bentuknya bulat telursampai elips, ujung runcing, pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip panjang berwarna hijau,bunga tunggal berbentuk bintang, berwarna putih ,keluar dari ketiak daun. buahnya buah buni berbentuk kerucut memanjang lurus atau bengkok meruncing pada bagian ujungnya. panjang bertangkai pendek rasanya pedas, permukaan licin mengkilap. buah muda berwarna hijau setelah tua warnanya merah cerah. cabe merah memiliki beberapa varietes dan kultivar yang dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, rasa pedas dan warna buahnya.
dapat di perbanyak dengan biji.


Sifat dan khasiat 
Cabe rasanya pedas, sifatny panas. Buah berkhasiat stimulan, meningkatkan nafsu makan (stomakik), peluruh keringat (diaforetik), perangsang kulit, dan sebagai obat gosok.

Kandungan kimia
Buah mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, Vitamin ( A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, dan lutein. selain itu juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin.
Zat aktif kapsaisin berkhasiat stimulan. jika seseorang mengkonsumsi kapsaisin berlebihan akan mengakibatkan rasa terbakar di mulut danmengeluarkan air mata.
bagian yang di gunakan adalah buah dan daun.

Indikasi
buah digunakan untuk pengobatan :
  • rematik
  • sariawan
  • sakit gigi
  • influenza dan
  • meningkatkan nafsu makan
  • getah dan daun digunakan untuk mempermudah persalinan.
Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, cukup rebus atau keringkas sekitar 0,5-1 g buah, lalu haluskan sampai menjadi serbuk.
Untuk pemakaian luar, rebus 0,5 -1 g buah, lalu rebusanya di gunakan sebagai kompres. Selain itu buah cabe bisa di campur dengan bahan lain untuk obat gosok. Getah daun muda di gunakan untuk obat luka, bisul dan sakit gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar